Sumber belajar dalam administrasi pembelajaran secara umum diperoleh dari buku-buku teks,padahal sesungguhnya ada banyak sumber belajar yang bisa digunakan baik dari hasil sebuah desain ataupun bukan, Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar , Dalam proses belajar komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan.

Dalam pemanfaatan sumber belajar, guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik agar belajar lebih mudah, lebih lancar, lebih terarah. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar. Menurut Ditjend. Dikti (1983: 38-39), guru harus mampu:
* Menggunakan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
* Mengenalkan dan menyajikan sumber belajar.
* Menerangkan peranan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran.
* Menyusun tugas-tugas penggunaan sumber belajar dalam bentuk tingkah laku.
* Mencari sendiri bahan dari berbagai sumber.
* Memilih bahan sesuai dengan prinsip dan teori belajar.
* Menilai keefektifan penggunaan sumber belajar sebagai bagian dari bahan pembelajarannya.
* Merencanakan kegiatan penggunaan sumber belajar secara efektif.

Di samping kemampuan di atas, guru perlu :
* Mengetahui proses komunikasi dalam proses belajar, yang bahannya diperoleh dari teori komunikasi dan psikologi pendidikan.
* Mengetahui sifat masing-masing sumber belajar, baik secara fisik maupun sifat-sifat yang ditimbulkan oleh faktor lain yang mempengaruhi sumber belajar tersebut.
* Memperolehnya, yaitu tahu benar dimana lokasi suatu sumber dan bagaimana cara memberikan pelayanannya. Kemampuan tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa guru perlu menyadari pentingnya kemampuan-kemampuan khusus yang dikembangkan bila menginginkan proses belajar mencapai sasaran yang optimal.

Dari beberapa paparan diatas pentingnya sumber belajar tak akan bisa tergantikan oleh sumber-sumber lain tergantung apa saja sumber-sumber belajar yang digunakan oleh guru agar suatu proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan menjadikan guru serta murid menguasai,memahami dan menyenangi pada sumber belajar yang dijadikan rujukan atau pegangan.

Administrasi pembelajaran yang mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan akan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamais,memacu dalam meningkatkan prestasi belajar,dalam hal ini perangkat administrasi pembelajaran harus dipersiapkan pula oleh para pendidik dengan mencantumkan sumber belajar yang digunakan,Diva pendidikan telah menyusun perangkat pembelajaran yang mencantumkan sumber belajar agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan bisa lebih terarah dan menghasilkan tujuan pembelajaran yang diinginkan,silahkan untuk melengkapi perangkat pembelajaran para guru dapat memperolehnya di toko online diva pendidikan.