Penilaian Kinerja Guru adalah Syarat Utama diterbitkannya SKTP Pembayaran Tunjangan profesi guru tahun 2015. P2TK dikdas Kemdikbud Akan Menerbitkan Surat SK TP sebagai inti Pembayaran tunjangan guru yang sudah bersertifikasi, dan setelah SKTP dikeluarkan untuk selanjutnya akan di serahkan ke dinas pendidikan kabupaten atau kota. Namun Untuk Penerbitan SKTP , PTK harus memiliki Penilaian atau yang biasa disebut PKG ini menjadi salah satu syarat mutlak diterbitkannya SKTP .

Penilaian Kinerja Guru atau PKG merupakan penilaian kinerja seorang guru dimana penilaiannya divalidasi oleh pengawas. Sesuai dengan kebijakan P2TK dikdas Untuk Penerbitan SK Tunjangan 2015 Semester 1 2015:

  1. Data pembelajaran akan tetap mengacu pada dapodik tahun ajaran 2014 – 2015 semester 2
  2. Definisi daerah Khusus Mengacu Pada Penetapan Daerah Khusus oleh Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal
  3. Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menjadi Syarat tunjangan Profesi tanggung jawab penginputan nilai PKG kedalam Sistem P2TK dibebankan Pada Pengawas Sekolagh (bukab Operator Sekolah)
  4. Kurikukulum Mengacu Pada Penetapan Mendikbud tentang sekolah yang menerapkan K13 dan KTSP
  5. Untuk Guru Tidak Tetap yang kontraknya tahunan harus Menyerahkan SK fisik atau kontrak kerja 2015 yang ditanda tangani oleh kepala daerah Tertinggal
  6. Penginputan Pembagian jam mengajar harus di usahakan Valid sedari awal oleh kepala daerah dan sumber gaji berasal dari APBD

Sesuai Hasil Rapat Kordinasi Tunjangan Dikdas pada 17 Februari 2015 di Garuda Plaza Hotel Medan yang berkaitan dengan SKTP (SK Tunjangan Profesi) yang menghasilkan Point – Point sebagai berikut:

  1. PKG dilaksanakan di setiap sekolah yang mengacu pada Permendiknas No 35 Tahun 2010.tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional guru dan Angka Kreditnya.
  2. PKG dilaksanakan Secara Manual
  3. Hasil PKG agar diserahkan ke Pengawas untuk di entry pada Aplikasi Khusus yang bernama SIM Penilaian Kinerja Guru.
  4. Aplikasi khusus yang tersedia hanya bisa di akses oleh Pengawas, dan pengawas pun akan diberikan Akun individu untuk mengentry Nilai PKG. (Aplikasi tersebut akan segera diumumkan melalui Aplikasi Tunjangan Dinas Kabupaten.)
  5. Berkaitan dengan nilai, nilai dari PKG (Minimal BAIK) ini yang akan menentukan keluar tidaknya SKTP.

Demikian info kami, semoga bermanfaat