Soal UKG penjaskes SMP butir-butir soalnya merupakan mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa dengan bentuk teori di dalam kelas juga dalam bentuk praktek di lapangan. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotor, kognitif, dan afektif setiap siswa.

Materi mata pelajaran Penjas SMP yang meliputi: pengalaman mempraktikkan keterampilan dasar permainan dan olahraga; aktivitas pengembangan; uji diri/senam; aktivitas ritmik; akuatik (aktivitas air); dan pendidikan luar kelas (outdoor) disajikan untuk membantu siswa agar memahami mengapa manusia bergerak dan bagaimana cara melakukan gerakan secara aman, efisien, dan efektif. Adapun implementasinya perlu dilakukan secara terencana, bertahap, dan berkelanjutan, yang pada gilirannya siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap positif bagi diri sendiri dan menghargai manfaat aktivitas jasmani bagi peningkatan kualitas hidup seseorang. Dengan demikian, akan terbentuk jiwa sportif dan gaya hidup aktif.

Sportifitas yang diajarkan dalam materi pembelajaran Penjaskes harus menjadi pondasi yang menjiwai seorang guru dalam mengikuti pelaksanaan Uji Kompetensi Guru,seperti halnya dalam Penjas kegiatan latihan adalah kegiatan yang harus dibiasakan untuk mendapatkan hasil dan prestasi sebuah ujian atau pertanndingan, melakukan latihan pengerjaan soal-soal UKg adalah bentuk latihan untuk mendapatkan prestasi tersebut. Kumpulan soal serta prediksi soal UKG untuk bahan latihan guru penjaskes SMP dapat diperoleh disini!!!