Soal UKG guru SMK sesuai program studi yang ada pada sekolah menengah kejuruan yang terdiri dari berbagai macam jurusan disusun sebagai langkah persiapan untuk menghadapi uji kompetensi guru,guru SMK dalam kompetensinya secara khusus disesuaikan dengan mata pelajaran yang dikuasainya yang nantinya akan berkaitan dengan sertifikasi guru yang dihubungkan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah menengah Kejuruan.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014 tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah, peminatan adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik dengan orientasi pemusatan, perluasan, dan/atau pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan. Sedangkan peminatan akademik adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasan kelompok mata pelajaran

Penjurusan di SMK berbeda dengan SMA. Mereka memilih penjurusan sejak awal masuk. Jadi, sejak semester pertama tahun pertama, mereka sudah belajar di jurusan yang diinginkan.Setiap SMK memiliki jurusan sendiri, misalnya SMK Pariwisata punya jurusan berbeda dengan SMK Teknik walau sama-sama jurusan bisnis,� begitu pula dengan para pengajarnya kompetensi yang harus dimiliki harus menyesuaikan dengan mata pelajaran yang diampunya.

Pada pelaksanaan sertifikasi guru dan Uji Kompetensi Guru kompetensi professional dan kompetensi pedagogic akan digali potensi kemampuan yang dimiliki setiap guru SMK yang tercermin dalam pertanyaan soal dalam UKG atau UKA,untuk persiapan menghadapi UKG guru SMK alangkah baiknya untuk sering berlatih mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan disekolah masing-masing guru SMK.

Kumpulan soal dan prediksi soal uji kompetensi guru SMK disesuaikan dengan jurusan atau program studi yang telah kami susun dan dibuat dalam format pdf dapat diperoleh disini!!!