Cara Uji Kompetensi Guru dilakukan agar para guru yang akan mengikuti ujian ini dapat menguasai sepenuhnya sejak dari persyaratan awal hingga pelaksanaan ujian kompetensi,Uji Kompetensi Guru ada yang dilaksanakan secara online dan dalam ketentuan sertifikasi guru dapat pula diadakan offline,tapi sebagian besar Dinas pendidikan Kota dan kabupaten melaksanakan secara online, karena dilaksanakan secara online hal yang paling mendasar setiap guru harus menguasai kamampuan pengoperasian perangkat computer,sedangkat perangkat computer untuk pelaksanaan uji kompetensi guru disediakan oleh dinas pendidikan setempat.

Sebelum mengikuti Uji Kompetensi Guru ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal yang akan memberikan kelancaran ujian ini, Berdasarkan pengalaman mengikuti Uji Kompetensi Guru online Tahun-tahun lalu ada beberapa hal yang kita ambil pelajaran dengan harapan semoga kita dapat mengikuti UKG ini secara sukses Tips ini dibagi ke dalam 3 bagian: (1) Pra UKG (Persiapan), (2) Selama UKG (Pelaksanaan); dan (3) Paska UKG

1. Pra UKG (Persiapan)

*. Pahami dan patuhi tata tertib dan tata cara ujian di atas. Dalam hal ini sebaiknya lakukan simulasi pengisian soal-soal agar kita punya gambaran umum bagaimana teknis login dan pengisian soal-soal.
*. Pahami kisi-kisi Uji Kompetensi (UK), kemudian cari dan kuasai informasi dan sumber-sumber yang sekiranya relevan dengan kisi-kisi, bisa berdasarkan dari buku-buku teks ataupun sumber-sumber online.
*. Diskusikan materi-materi yang akan diujikan maupun teknis pengisian lainnya dengan rekan sejawat, khususnya dengan sejawat yang sama-sama akan mengikuti UKG. Hadirkan atau datangi narasumber yang pernah mengikuti UKG dengan nilai yang memadai untuk diminta berbagi pengalamannya.

2. Selama UKG online berlangsung (Pelaksanaan)

*. Jawablah soal-soal secara berurutan mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor terakhir, dianjurkan jangan diacak. Berhati-hatilah dalam memilih opsi jawaban, karena opsi jawaban yang diberikan biasanya mengandung daya pengecoh (distractor) yang lumayan tinggi. Gunakan pemahaman dan logika berfikir secara cermat untuk menentukan pilihan jawaban yang paling tepat.
*. Soal yang diberikan sudah dirancang sedemikian rupa, termasuk alokasi waktu yang disediakan. Oleh karena itu, kelola waktu yang tersedia secara cermat. Tidak perlu tergesa-gesa, tetapi tidak perlu juga terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu. kita akan bertemu dengan 3 kategori soal: (1) mudah, tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk menjawabnya, dan dengan segera Anda bisa melanjutkan pengisian soal berikutnya; (2)sedang, membutuhkan waktu rata-rata/normal untuk menjawabnya. Waktu normal adalah jumlah waktu yang tersedia dibagi jumlah soal; (3) sukar, membutuhkan waktu lebih dari rata-rata untuk menyelesaikannya.
*. Kita mungkin menemukan pula soal yang sama sekali belum memiliki pengetahuan tentang hal yang ditanyakan. Menghadapi soal seperti ini, disarankan tetap diisi menggunakan intuisi yang dimiliki, dengan cara menentukan pilihan jawaban yang pertama kali terlintas di benak kita
*. Sediakan kertas kosong/buku catatan dan ballpoint untuk mencatat seluruh pilihan jawaban dan dicatat setelah menentukan pilihan. Beri tanda khusus untuk nomor-nomor soal yang belum yakin sepenuhnya dengan jawaban yang dipilih dan ketika masih memiliki sisa waktu yang cukup, bisa mereview jawaban yang meragukan tersebut.
*. Jangan ragu bertanya kepada petugas ruangan, apabila ada hal-hal yang belum jelas atau kendala dalam mengoperasikan komputer yang digunakan, khususnya bagi yang belum terbiasa akrab dengan komputer.

3. Paska UKG online

Setelah ujian berlangsung dan jika memungkinkan, coba hubungi petugas untuk meminta print out atau softcopy hasil UKG untuk dijadikan bahan refleksi. Kemudian, coba mengingat kembali soal-soal yang diberikan, kira-kira hal apa yang belum dikuasai dan pikirkan ke depannya bagaimana harus menguasainya, baik tentang kompetensi pedagogik maupun profesional. Hasil refleksi ini juga bisa dimanfaatkan ketika mengikuti PPGJ.

Mengingat begitu pentingnya persiapan untuk dilakukan dalam menghadapai Uji Kompetensi Guru ini alangkah baiknya kegiatan latihan pengerjaan soal-soal UKG lebih sering kita lakukan,untuk mendapatkan soal-soal UKG tahun-tahun lalu serta prediksi soal yang akan diujikan pada tahun ini dapat diperoleh disini!!!