Cara Cek Pengumuman Hasil UKA 2015. Uji Kompetensi Awal yang dilakukan secara Nasional di beberapa kota ataupun Kabupaten pada Tahun 2015 ditujukan untuk pemetaan kompetensi guru dan entry point pelaksanaan sertifikasi guru dimana Uji Kompetensi Awal wajib oleh diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Untuk Pelaksanaan UKA sendiri melibatkan berbagai instansi diantaranya BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Hasil dari UKA tahun 2015 ini akan diintegrasikan dengan program penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagaimana yang telah di tuangkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Landasan UKA sendiri terdiri dari Aspek Filosofi Aspek Teoritis , Pedagogik dan Aspek Empirik Sosial

Tujuan diadakan nya UKA tersebut adalah :

  1. Untuk pemetaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional)
  2. Untuk melaksanakan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  3. Sebagai entry point sertifikasi guru dalam jabatan.
  4. Sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Uji kompetensi Awal terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. Soal UKA dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.
Metode Pengerjaan UKA sendiri terdiri dari dua metode yaitu dilaksanakan sesara Online dan Manual .

  1. Untuk Pelaksanaan UKA scara Online sendiri di laksanakan serempak pada bulan maret 2015. Uji Kompetensi Awal akan dilaksanakan di TUK yang telah ditetapkan dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan persyaratan yang telah diverifikasi oleh LPMP.
  2. Untuk Pelaksanaan UKA secara manual dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam 1 (satu) hari, untuk jadwal pelaksanaan UKA sendiri akan ditentukan diantara tanggal pelaksanaan UKA online.

Setelah Para guru menyelasaikan UKA tibalah saat nya yang ditunggu-tunggu jantung anda akan dibuat berdebar-debar, anda pasti merasa penasaran tentang hasil yang anda peroleh dari pengisian soal UKA yang telah anda kerjakan tentang lulus atau tidaknya.

Untuk informasi hasil Pengumuman UKA anda bisa melihatnya di website resmi di Laman http://sergur.kemdiknas.go.id. dengan cara anda membuka laman tersebut kemudian anda bisa mencari nama anda apakah tercantum atau tidaknya di sergur.kemdiknas , namun saat ini saat ini untuk melihat pengunguman hasil UKA memang masih belum ada dikarenakan Kemdikbud Tidak Mencantumkan Jadwal Pengumuman Hasil UKA, untuk itu anda harus mengeceknya secara rutin di http://sergur.kemdiknas.go.id

Sekian dan terima kasih anda telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke laman kami, semoga informasi diatas bermanfaat.