Archive for Administrasi Sekolah

Perangkat Administrasi Akreditasi Sekolah / Madrasah Lengkap

Perangkat Administrasi Akreditasi Sekolah / Madrasah Lengkap berisi administrasi guru, kepala sekolah dan tata usaha, BP/BK, dll. Pekerjaan lima tahun dikerjakan hanya dalam dua minggu, begitulah apabila sudah musim akreditasi. Para guru dan terutama kepala sekolah sibuk melakukan pengisian pada poin poin yang masuk penilaian akreditasi. Sebetulnya itu bukan pekerjaan yang sulit dan tidak jadi menumpuk kalo dikerjakan setiap tahun. Namun sudah menjadi kebiasaan para guru dan kepala sekolah jarang sekali mengerjakannya akhirnya pkekerjaan itu menjadi sangat memberatkan ketika ada akreditasi, mulai dari administrasi kepala sekolah, kinerja kepala sekolah, rencana anggaran, adminitrasi guru, administrasi tata usaha, administrasi BP/Bk, administrasi eskul, dan yang lebih penting adalah delapan standar yang menjadi penilaiain utama dalam administrasi akreditasi, pada kegiatan penilaian akreditasi itu hampir bisa dipastikan guru bekerja sampai lembur bahkan menghambat aktifitas pembelajaran yang seharusnya tidak boleh terjadi.

Untuk membantu anda, kami menyediakan CD pedoman tata kelola administrasi sekolah yang sangat lengkap untuk memudahkan pekerjaan anda disekolah. CD adm sekolah tersedia mulai dari tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA, SMK. Silakan hubungi CS kami untuk pemesanan

Langkah Mudah Menghadapi Penilaian Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yg berwenang utk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkn kriteria yg tlh ditetapkan sebagai bentuk akuntabilitas publik yg penilaiannya dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dgn menggunakan instrumen & kriteria yg mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Sekolah yang akan diakreditasi sebaiknya melakukan persiapan jauh-jauh hari dan mengumpulkan semua bahan dan perangkat administrasi yang akan dilihat dan diteliti oleh tim asesor.

Berikut ini adalah daftar hal yang harus disiapkan oleh kepala sekolah dan guru pada penilaian akreditasi di sekolah

Tips Persiapan Akreditasi Sekolah

Dari sisi waktu

  • Selalu siap dengan informasi (panggilan dan pemberitahuan dari dinas) atau apabila penilaian akreditasi mengalami perubahan jadwal.
  • kepala sekolah dan guru meluangkan waktu rapat untuk membentuk tim yg akan bertugas
  • mengatur tugas pengumpulan data administrasi, jika diperlukan, lembur bagi guru yang akan mengerjakan.

Dari sisi tenaga guru dan kepala sekolah yang menyiapkan

  • Tim dibagi kepada beberapa fokus grup, satu grup satu standar penilaian
  • Disamakan dulu pengertiannya mengenai KTSP berdasarkan standar kurikulum nasional
  • kepala sekolah sering melakukan kontak yang intensif kepada pengawas untuk menggali informasi terbaru
  • menyiapkan perangkat administrasi kepala sekolah lengkap baik yang adm umum, adm khusus, adm keuangan, data guru, data siswa, data inventaris dan lain-lain
  • menyiapkan perangkat administrasi guru yang lengkap.

Persiapan dari sisi sekolah

  1. Membuat banner visi misi yang mudah terlihat oleh asesor,
  2. menyiapkan perangkat pembuatan dokumen berupa printer dan kertas untuk memudahkan guru mencetak bukti dokumen serta alat tulis kantor untuk keperluan penjilidan dan penulisan
  3. Ada kalanya guru harus rela lembur, sekolah sebaiknya menyediakan keperluan makan dan minum untuk keperluan lembur.
  4. mempersiapkan SK bagi tenaga kepustakaan
  5. menyiapkan papan data guru/kegiatan inventaris/grafik perkembangan dll
  6. memasang foto presiden dan wakil presiden serta lambang Negara disetiap ruangan kantor dan kelas
  7. Bendera merah putih

Dari sisi persiapan pada orang tua siswa

  1. melakukan sosialisasi visi misi
  2. melibatkan komite dalam persiapan penilaian akreditasi
  3. daftar hadir orang tua siswa ketika menghadiri rapat
  4. menyiapkan dokumen yang diperlukan (di scan jika diperlukan)
  5. buku induk
  6. buku klapper
  7. buku pembinaan kurikulum
  8. notulen rapat
  9. daftar hadir rapat yg ada tanda tangan peserta rapat
  10. SK guru dan karyawan
  11. Kegiatan ekstra kurikuler
  12. RPP prota dan prosem yg sudah ditanda tangani oleh kepala sekolah
  13. penilaian
  14. data supervisi kepala sekolah
  15. catatan surat masuk dan keluar
  16. buku tamu dinas
  17. berita acara setiap kegiatan
  18. surat tugas pada setiap kegiatan misalnya mengirim guru utk seminar workshop dll
  19. surat dari dinas setempat bahwa sekolah telah melaksanakan kurikulum KTSP
  20. notulen rapat penentuan KKM
  21. MOU kerja sama dengan lembaga lain
  22. EDS (evaluasi diri sekolah)
  23. Ijasah semua guru (foto kopi)
  24. SK pembentukan komisi akreditasi
  25. kelengkapan data siswa
  26. prestasi guru
  27. data dan foto Extra kurikuler yang dilengkapi dengan foto dan narasi kegiatan
  28. portfolio siswa (online dan offline) digital atau berupa bukti fisik
  29. karya siswa yang perlu didokumentasikan
  30. mempersiapkan foto
  31. kegiatan akademis dan non akademis
  32. setiap arsip foto diberikan nama dan kegiatan yang jelas
  33. sarana dan prasarana

Kepala sekolah sangat penting untuk mengkoordinasikan dengan para guru dalam mempersiapkan data data dan perangkat administrasi yg diperlukan dalam penilaian akreditasi sekolah. Tidak heran karena akreditasi mengacu pada pekerjaan administrasi yang bertumpuk dan penyiapannya sedari jauh hari.

Ingin mudah menghadapi penilaian akreditasi sekolah? segera dapatkan Administrasi Kepala Sekolah Lengkap dan Pedoman Tata Kelola Administrasi Sekolah lengkap. Hubungi no CS untuk pemesanan

Administrasi Kepala Sekolah Dan Guru TK (Taman Kanak-Kanak)

Administrasi Kepala Sekolah Dan Guru TK. Taman Kanak-Kanak (TK) merupakaan salahh satu bentuk layanann PAUD. Tujuan penyelnggaraan TK yaitu untuk membantu meletakkkan dasar bagi perkembangann sikap, prilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta anak didik untukk pertuumbuhan serta perrkembangan selanjutnya, melalui keggiatan bermain sambil belajarr dan belajar seraya bermain. Sasaran TK adalahh anak usia 4-6 tahun atauu usia persiapan untuk meemasuki jenjang pendidikan dasar. Penyelenggaran TK berada di bawaah pembinaan Kementerian Pendidikan Nasional yang dikoordinasiikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Dalam melaksanakan tugasnya, guru dan kepala sekolah tk dituntut untuk bekerja secara profesional dan terus meningkatkan kinerjanya di sekolah.

Perangkat administrasi TK yang lengkap sangat dibutuhkan agar guru dan kepala sekolah TK dapat bekerja dengan lebih mudah dan tertib. Anda bisa mendapatkan kumpulan format administrasi kepala sekolah dan guru TK yang sangat lengkap dalam bentuk CD yang berisi format file word dan excel. Hubungi CS kami untuk pemesanan

Perangkat Administrasi Kepala Sekolah / Madrasah

Penataan perangkat administrasi yang lengkap dan rapi oleh kepala sekolah / madrasah sangat diperlukan terutama ketika akan menghadapi penilaian kinerja yang dilaksanakan secara periodik setiap tahun dan secara berkala atau pada penilaian kinerja empat tahunan. 

Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan dasar untuk penetapan keunggulan atau kelemahan kinerja sebagai dasar pengajuan pangkat atau golongan maupun bahan pertimbangan dalam pemenuhan kriteria untuk pemberhentian atau pengangkatan kepala sekolah untuk perpanjangan masa tugas pada periode berikutnya.

Kegiatan pencatatan, perekaman data dan pengaturan sumber data oleh kepala sekolah menuntut terpenuhinya kebutuhan perangkat administrasi kepala sekolah baik administrasi umum maupun administrasi khusus berikut kelengkapan perangkat penilaian kinerja lainnya.

Anda mencari perangkat administrasi kepala sekolah yang lengkap yang anda butuhkan? CD Administrasi Kepala Sekolah tersedia untuk anda mulai dari tingkat TK, SD, MI, SMP, MTS, SMA, MA, SMK.

Anda ingin memesan sekarang juga? Hubungi 0812.8383.9485

Tugas Administrasi Dan Pelaporan Yang Lengkap Dan Benar

Kepala Sekolah dan guru disekolah sangat memerlukan data-data tentang siswa, kurikulum, sarana dan sebagainya untuk pengelolaan sekolah sehari-hari. Pengawas tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK juga memerlukan data-data tersebut sebagai bahan sarana supervisi. Pada tingkat yang lebih tinggi misalnya Dinas Penididikan mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat propinsi juga memerlukan data-data tersebut untuk pelaporan yang lebih tinggi, untuk melakukan pembinaan, serta untuk menyusun rencana atau program pendidikan pada masa mendatang. Di tingkat pusat (nasional) data pendidikan diperlukan untuk perencanaan yang lebih makro, melakukan pembinaan, pengawasan, penilaian (evaluasi), dan keperluan administrasi lainnya.

Data pendidikan yang ada disekolah sangat banyak macam dan jenisnya. Diantaranya ada yang bersifat relatif tetap dan ada juga yang selalu berubah sesuai kebijakan pemerintah. Untuk mendapatkan gambaran perubahan data yang dibutuhkan dari waktu ke waktu, perlu dilakukan pencatatan yang teratur dan berkelanjutan dengan menggunakan sistem tata kelola administrasi yang baku dalam satu sistem agar tenaga administrasi dapat bekerja sesuai yang diharapkan.

Kepala Sekolah sebagai administrator melaksanakan tugas administrasi kepala sekolah dengan dibantu oleh guru yaitu dengan cara membagi tugas administrasi mereka.

Tugas administrasi dan pelaporan dapat dilakukan dengan cepat dan benar dengan menggunakan pedoman administrasi sekolah yang lengkap dan mudah.

Toko Buku Adm

 

Format Pedoman Administrasi Sekolah

Format Pedoman Administrasi Sekolah. Administrasi sekolah yang tertib dan teratur sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan oleh Kepala Sekolah dan Guru. Peningkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif dengan meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pendidikan sekolah.

Pengelolaan kegiatan administrasi sekolah agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien diperlukan informasi yang memadai yang menyangkut dua hal pokok yaitu kegiatan pencatatan data (recording system) dan pelaporan (reporting system).

Untuk memperlancar dua kegiatan tersebut diperlukan faktor-faktor penunjang antara lain sebagai berikut:

  1. Format- format yang diperlukan
  2. Petunjuk dan aturan yang berlaku
  3. Keterampilan personil yang memadai

Untuk membantu anda dalam memenuhi kebutuhan format-format yang diperlukan tersebut, kami menyediakan CD Pedoman Tata Kelola Administrasi Sekolah dalam bentuk file doc & xls yang bisa langsung anda edit dan di print sesuai kebutuhan di sekolah.

Hubungi kami untuk pemesanan : 0812.8383.9485

Tokobukuadm.com

 

Kualifikasi Dan Kompetensi Kepala TK/RA

Kualifikasi dan Kompetensi kepala TK/Raudhatul Athfal (RA) didasarkan pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah beserta lampirannya.

A. Kualifikasi Kepala TK

Kualifikasi umum Kepala TK/Raudhatul Athfal (RA) adalah:

  1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi;
  2. Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun;
  3. Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA; dan
  4. Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.

Kualifikasi khusus Kepala TK/Raudhatul Athfal (RA) adalah:

  1. Berstatus sebagai guru TK/RA;
  2. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru TK/RA; dan
  3. Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.

B. Kompetensi Kepala TK

i. Kompetensi Kepribadian Kepala TK

  1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah.
  2. Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
  3. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah.
  4. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
  5. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah.
  6. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.

ii. Kompetensi Manajerial Kepala TK

  1. Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
  2. Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan.
  3. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal.
  4. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
  5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
  6. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
  7. Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
  8. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.
  9. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
  10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
  11. Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
  12. Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
  13. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
  14. Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
  15. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
  16. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

iii. Kompetensi Kewirausahaan Kepala TK

  1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah.
  2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
  3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
  4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah.
  5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik.

iv. Kompetensi Supervisi

  1. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
  2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
  3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

v. Kompetensi Sosial Kepala TK

  1. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah
  2. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
  3. Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.

Anda membutuhkan perangkat administrasi tk atau adm kepala tk? Hubungi CS 0812.8383.9485

Prinsip Prinsip Penyelenggaraan TK

Prinsip Prinsip Penyelenggaraan TK - Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4 tahun sampai 6 tahun.

1. Ketersediaan Layanan
Diarahkan untuk menampung anak-anak usia TK di wilayah yang belum terjangkau oleh pendidikan TK

2. Transisional
Diarahkan untuk mendukung keberhasilan masa transisi dan mendekatkan pola pembelajaran TK dan SD kelas awal

3. Kerjasama
Mengedepankan komunikasi dan kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga terkait, masyarakat, dan perseorangan, agar terjalin sinkronisasi dan terjaminnya dukungan pembelajaran pada masa transisi antara TK dan SD kelas awal

4. Kekeluargaan
Dikembangkan dengan semangat kekeluargaan dan menumbuhsuburkan sikap saling asah, asih, asah, dan asuh

5. Keberlanjutan
Diselenggarakan secara berkelanjutan dengan memberdayakan berbagai potensi dan dukungan nyata dari berbagai pihak yang terkait

6. Pembinaan Berjenjang
Dilakukan untuk menjamin kebaradaan dan pengelolaan secara optimal oleh pengawas TK/SD, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal

Anda mencari pedoman administrasi tk/paud dan administrasi kepala tk? hubungi CS 0812.8383.9485

Pendirian Dan Izin Operasional TK Swasta

Pendirian Dan Izin Operasional TK Swasta - Prosedur pengurusan persetujuan pendirian TK yang dilakukan oleh swasta adalah sebagai berikut:

  1. Yayasan/badan mengajukan permohonan pendirian lengkap dengan berkas-berkasnya kepada Kasi Dinas Dikdas Kecamatan yang mengurusi PAUD disertai lampiran persyaratan yang lengkap.
  2. Kasi Dinas Dikdas kecamatan bersama Pengawas TK Kecamatan menelaah berkas pemohonan dan menyampaikan berkas permohonan dan rekomendasi kepada Kepala suku dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  3. Dalam memberikan rekomendasi permohonan pendirian TK Kasi Dinas Kecamatan mempertimbangkan pemetaan TK yang telah ada sekitarnya.
  4. Dinas Pendidikan Kodya/Kabupaten berdasarkan rekomendasi dan hasil yang ditelaaah tersebut menetapkan pendirian dan persetujuan penyelenggaraan TK sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas atas nama Kepala Dinas Propinsi.
  5. Prosedur pengurusan ini berlaku pula untuk TK swasta.

Jika anda membutuhkan kumpulan format administrasi TK atau format adm kepala tk silahkan hubungi CS tokobukuadm.com

Pengajuan Pendirian Dan Izin Operasional TK Pemerintah

Pengajuan Pendirian Dan Izin Operasional TK Pemerintah - Pengajuan permohonan pendirian TK yang diselenggarakan oleh pemerintah dilakukan sebagai berikut:

1. Kepala Dinas Dikdas Kecamatan mengajukan permohonan dengan dilengkapi data pemenuhan persyaratan kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotamadya setempat.

2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kotamadya menelaah dan memberikan pertimbangan terhadap permohonan pendirian TK dengan memperhatikan persyaratan serta pedoman dan petunjuk yang berlaku.

3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten /kotamadya menelaah dan memberikan pertimbangan terhadap permohonan pendirian TK dan mempertimbangkan kepada kepala dinas Pendidikan Propinsi

4. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi menyampaikan berkas permohonan pendirian TK kepada Kementerian Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional telah membangun Taman Kanak-kanak Pembina sebagai TK Percontohan di seluruh Indonesia:

1. TK Negeri Pembina tingkat nasional
Tujuan: menjadi contoh dan tempat pelatihan bagi TK di seluruh tanah air pada umumnya dan khususnya TK-TK yang ada di sekitar

2. TK Negeri Pembina Provinsi
Tujuan: Menjadi contoh bagi TK-TK yang ada di provinsi pada umumnya dan khususnya yang ada di sekitarnya

3. TK Negeri Pembina Kota/Kabupaten
Tujuan: Menjadi contoh bagi TK yang ada di kota/kabupaten umumnya dan khususnya yang ada di sekitarnya

4. TK Negeri Pembina Kecamatan
Tujuan: Menjadi contoh bagi TK-TK yang ada di kecamatan dan sekitarnya

5. TK-SD satu atap
Tujuan: Meningkatkan ketersediaan untuk memperoleh layanan pendidikan TK diseluruh tanah air. Mendekatkan pola pengelolaan dan pembelajaran masa transisi antara TK dan SD kelas awal

Hubungi CS tokobukuadm.com untuk mendapatkan perangkat administrasi TK / Paud dan perangkat adm kepala TK / PAUD